PENELITIAN TENTANG DESAIN DIGITAL YANG DIBUAT INFLUENCER YOUTUBER MIAWAUG MENGGUNAKAN TEORI SEMIOTIKA

Monfallah

246500215

R4I


 Abstrak

Di era globalisasi ini, teknologi sangat penting. Gadget menjadi hal yang paling esensial  selalu dibawa oleh manusia. Teknologi adalah hal utama yang mendukung kegiatan  pembelajaran, karir hiburan dan juga di bidang lainnya. Bahkan untuk seni dan desain sekarang saya bisa dibuat dengan aplikasi-aplikasi yang ada di Windows dan iOS. Desain visual dalam  bidang digital sudah sangat marak di internet dan media sosial. Salah satunya adalah youtube. Youtube adalah situs membagi video yang memfasilitasi penggunanya untuk membagi video  yang mereka punya atau sekadar menikmati video yang diupload berbagai pengguna. Youtube mendukung para pembuat konten untuk berkreasi dalam konten video dengan membayar  pembuat konten yang memiliki banyak pelanggan dan video. Kreator yang sudah terkenal dan  memiliki banyak followers disebut Influencer. Salah satu konten kreator dan juga influencer  video game adalah MiawAug. MiawAug adalah konten kreator game yang terkenal di  Indonesia. MiawAug memiliki desain dan visualisasi yang dapat diteliti dengan menggunakan teori  semiotika. Visual branding dari video MiawAug yang diteliti dengan menggunakan teori  semiotika akan sangat berguna untuk desain penelitian. Jadi dapat disimpulkan bahwa visual branding yang dibangun oleh MiawAug sebagai influencer di bidang game cukup unik  di banding Youtuber gaming yang lain, karena dia sering memainkan game yang menarik dan  anti arus utama. Visual branding yang dimiliki MiawAug berbeda dengan konten kreator yang dimiliki  lainnya. Anak-anak, remaja dan orang dewasa selalu terbarui dan menonton konten game dari  MiawAug. Teori semiotika dapat digunakan untuk meneliti konten MiawAug dan game yang d ia mainkan melalui penanda dan pertandanya.

Kata kunci: semiotika, youtube, influencer, game, desain

Comments

Popular posts from this blog

Semiotika dalam fashion : wujud eksistensi